Sejarah Bahasa Korea

| |
Bahasa nasional Korea adalah bahasa Korea, jenis bahasa yang yang tidak dapat dikategorikan ke dalam kelompok bahasa apapun, walaupun seringkali dimasukkan ke dalam keluarga bahasa Altic. Tata bahasa Korea hampir sama seperti bahasa Jepang. Karena sejarah panjang hubungan dengan Cina, banyak perbendaharaan katanya memiliki kosakata bahasa Cina. Bahasa Korea ditulis dalam huruf Hanggul, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1446 pada masa pemerintahan Raja Sejong dari dinasti Choson (1392-1910).
Bahasa Korea tidak memiliki huruf sendiri sampai diciptakannya Hanggul. Sebelumnya. Bahasa Korea ditulis dalam huruf Cina yang dimodifikasi. Huruf gambar Cina atau karakter, merepresentasikan kata atau arti daripada sebuah pengucapan. Karena dikembangkan dari bahasa yang berbeda, huruf ini tidak mencerminkan bunyi atau tata bahasa Korea. Dengan alasan tersebutlah, raja Sejong membuat sebuah komisi yang bertugas untuk menciptakan Hanggul, tulisan yang terdiri dari simbol-simbol bunyi yang merepresentasikan secara akurat pengucapan bahasa Korea.
Walaupun agak rumit, Hanggul mudah dipelajari, seperti keinginan raja Sejong untuk memperbanyak jumlah tulisan Korea dalam sekolah-sekolah di Korea. Huruf Cina masih merupakan tulisan yang digemari dan bergengsi pada pendidikan kelas atas sampai abad ke-20, ketika Hanggul diperkenalkan dan digunakan secara luas sebagai simbol dan identitas bangsa Korea. Dewasa ini, tulisan Korea seringkali menggabungkan tulisan Hanggul dan beberapa karakter Cina.

0 komentar: